Rabu, 23 Maret 2016

Cara membuat alat cek kapasitor starter


Seperti pada uraian sebelumnya,fungsi dari alat cek kapasitor starter ini sebenarnya adalah untuk mengetahuai beberapa jenis kerusakan pada lampu hemat energi.Diantaranya adalah :

  1. Bila mesin dalam keadaan baik,maka nantinya lampu ini akan nyala dan itu menandakan bahwa lampu yang akan diperbaiki hanyalah mati paa kapasitor starternya.
  2. Bila mesin dalam keadaan rusak maka lampu akan mati.
  3. Mengetahui keadaan kaca lampu yang akan diperbaiki pada kondisi baik atau putus filamennya.
Dan berikut adalah cara membuatnya

Ambilah lampu yang masih dalam keadaan baik ( penulis menggunakan lampu cina yang biasanya kabel yang menghubungkan mesin dengan ulirnya panjang) kemudian lepas mesinya dengan cara membuka casingya.Pada mesin ambil kapasitor milarnya yang berbentuk pipih ( biasanya berwarna hijau untuk ukuran watt yang kecil ) yang menghubungkan pin kawat nomer 2 dan pin kawat nomer 3.

Ambil juga kaca lampunya dengan hati hati dengan cara melepas ke empat kawat pinnya karena ini rentan putus pada kawat pinnya tersebut.

Setelah itu ambil juga terminal ulirnya (satu paket dengan casingnya ) dengan memotong kedua kabel yang menuju mesin lampu.Dan potonglah atau lepaslah dengan posisi yang dekat dengan mesin,karena kabel berikut ulirnya ini nantinya akan dipakai lagi.

Ambil terminal yang memiliki drat tersebut yang akan digunakan untuk mengubungkan positif dan negatif lampu ke pitingan listrik pada lat test kapasitor ini nantinya.
Setelah semua itu dilepas sambungkan/hubungkan kabel yang dari terminal ulirnya tadi ke kawat pin nomer 1 dan 4,sementara untuk kawat pin lampu nomer 2 dan 3 dihubungkan dengan menambahkan kapasitor milar yang dudah dilepas tadi secara seri atau dengan menghubungkan kaki kapasitor pertama pada pin kawat nomer 2 dan kaki kapasitor satunya lagi hubungkan dengan pin kawat no 3.

Setelah itu masukkan lagi/raptkan lampu yang sudah dihubungkan tadi ke casingya berikut pitingan ulirnya dan masukkan ke pitingan ketiga alat anti konslet yang sudah dibahas pada bab sebelumnya.

Dengan garis besar bahwa lampu ini seperti lampu biasa cuman tanpa mesin,hanya satu buah kapasitor milar saja didalamnya.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar