Selasa, 22 Maret 2016


Memperbaiki lampu hemat energi yang mati/rusak


Dengan semakin banyaknya pengguna lampu maka akan semakin banyak pula sampah-sampah yang susah ini teruraikan bilamana terjadi kerusakan pada lampu tersebut.Berangkat dari permasalahan itu maka penulis mencoba untuk membagikan beberapa pengetahuan saya tentang cara cara memperbaiki lampu hemat energi yang rusak.
Selain hal ini dapat membantu pemerintah dalam mengurangi penumpukan sampah,maka dengan kita bisa memperbaiki lampu yang mati juga akan lebih menghemat uang saku kita,bisa juga untuk menambah wwasan serta bisnis sampingan.
Hal hal yang saya sampaikan ini adalah hasil dari pengalaman saya selama saya memperbaiki lampu hemat energi yang rusak.

Berikut beberapa hal yang musti dipersiapkan :

Peralatan

1.AVO/Multi Meter

2.Obeng atau potongan kuku set

3.Solder + Tenol/timah
Hasil gambar untuk solder + timah
4.Tang potong
5.Alat anti konslet (lihat cara membuat alat anti konslet )


6.Alat tes kapasitor starter (lihat cara membuat alat cek kapasitor starter)


Langkah langkah

.Coba lampu yang akan dibetulin pada alat anti konslet
  1. Jika nyala redup..atau kedip kedip...langsung buka casingnya dengan obeng min atau pisau pada alat potongan kuku dan ganti  Elco yang ukurannya paling besar..lepas dan ganti dengan ukuran yang sama atau lebih besar (jangan yang lebih kecil karena bisa meledak)

  1. Jika nyala biasa seperti normal..maka penyakit lampu langsung dapat ketahuan bahwa itu adalah capasitor milarnya,yaitu kapasitor yang menghubungkan pin 2 dan 3 pada kaca lampu jari

  1. Jika mati..
  • Cek secara fisik/kasap mata pada komponen-komponen di PCB,jika ada beberapa yang kelihatan sudah berubah bentuk/warna copot dan ganti.Begitu juga dengan komponen yang sejalur dengan komponen yang rusak tadi.Dan apabila semua komponen nampak bagus,mau gak mau kita harus lebih teliti untuk cek satu persatu komponen tersebut.Komponen pertama yang biasa penulis cek adalah transistornya dengan cara dilepas dari PCB.Pengukuran komponen dengan cara dilepas dari PCB hasilnya akan lebih akurat dari pada kita langsung cek di PCB.
  • Buka casing..langsung cek kabel konektornya yang menghubungkan antara mesin lampu dengan tegangan 220 Volt
  • Hasil gambar untuk membuka casing lampu lhe
  • Cek kaca lampu dengan AVO meter dengan menghubungkan pin 1 dengan probe negatif dan pin 2 dengan probe positif..begitu pula untuk pin 3 dan 4 ( posisi avo pada ohm meter ) bila semua bergerak berarti lampu kaca masih bisa dipakai
Hasil gambar untuk pin kaca lampu kaca lhe
  • Cek fisik resistor..Kalau ada kerusakan fisik ganti dan cek transistornya juga..biasanya kerusakan resistor disertai dengan kerusakan transistor.Lihat juga cara mengecek kondisi transistor yang rusak
  • Cek balas dengan AVO Meter..biasanya untuk lampu lampu cina ukuran 5-10 watt putus

Nah itulah yang biasanya saya lakukan untuk lampu lampu yang biasa saya perbaiki

1 komentar: