Rabu, 23 Maret 2016

Membuat alat anti konslet

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tanpa alat anti konslet ini akan sangat berpengaruh pada kerusakan MCB pada Meteran listrik yang mana hal itu tidak akan terlepas dari biaya bila mana terjadi kerusakan pada MCB dan kita tidak dapat memperbaikinya sendiri.
Oleh karenanya perlu sekali peralatan alat anti konslet ini dibuat.

Alat alternatif pertama sebagai pengganti alat anti konslet ini,bila mana pembaca belum sempat mengaplikasikannya untuk membuat,anda dapat menggunakan Multimeter dengan cara menghubungkan kedua terminal terlebih dahulu sebelum disambungkan ke terminal listrik secara langsung.

Lampu yang tidak konslet ditandai dengan tidak bergeraknya posisi jarum multimeter menuju nol (pada posisi ohm meter) bilamana kedua probe multimeter dihubungkan ke terminal lampu yang akan di uji.Namun hal seperti ini saya rasa kurang mantab.
Dan bila ingin menggunakan alat anti konslet maka berikut adalah cara-cara membuatnya :

A.Perlengkapan

  1. Kabel secukupnya ( untuk dihubungkan ke terminal )
  2. Pitingan lampu 1-3
    • 1 pitingan sebagai lampu penerangan saat kita bekerja dimeja kerja
    • pitingan berikutnya sebagai penanda lampu konslet/tidak
    • dan pitingan terakhir sebagai testernya
    • Lampu meja kerja
    • Lampu bohlam /pijar 100Watt
B.Cara merakitnya


  1. Hubungkan kabel dengan kedua terminal pada pitingan pertama yang diisi dengan lampu kerja ( layaknya memasang lampu normal )
  2. Setelahnya,kedua kabel yang berasal dari pitingan pertama tersebut salah satunya dipotong sehingga menjadi titik A dan B dan untuk kabel satunya lagi kita sebut saja kabel C untuk dibiarkan saja.Kemudian kabel A dihubungkan dengan terminal pertama pada pitingan kedua dan titik B dihubungkan dengan terminal pitingan kedua pada pitingan kedua yang diisi dengan bohlam lampu pijar 100Watt ( di seri ).Alat inilah yang nantinya akan menyala saat lampu yang akan diperbaiki terjadi konsleting atau short
  3. Keluaran kabel dari pitingan kedua tadi dihubungkan dengan terminal pitingan ke tiga dengan pemasangan seperti pada pemasangan lampu biasa.Pada pitingan ketiga ini diisi dengan lampu test kapasitor.Baca di pembuatan membuat alat cek kapasitor starter
  4. Keluaran dari kabel pitingan ke tiga ini akan digunakan untuk mencoba lampu yang sedang diperbaiki dengan cara menghubungkan kabel pertama ke + dan kabel kedua ke - (bisa dibolak balik)
Cara kerja dari alat ini adalah bila mana terjadi konslet pada lampu yang di perbaiki,maka lampu pijar pada pitingan kedua akan menyala,sedangkan bila tidak terjadi short lampu uji coba akan mati dan lampu test juga akan mati.

Semoga bermanfaat

3 komentar:

  1. akan dicoba tanya lampu energi untuk cek lampu apa lampu masih aktif

    BalasHapus
  2. Cara menggunakan potongan ketiga gmna mohon balasannya ya

    BalasHapus
  3. Cara menggunakan pitingan ke tiga gimana mohon balasannya

    BalasHapus