Senin, 28 Maret 2016


Memperbaiki senter cas yang rusak

Senter senter yang rusak sebenarnya segala kerusakannya sebagian besar dari hasil yang dijumpai penulis masih bisa diperbaiki,karena peralatan elektronika yang satu ini tergolong simpel atau sederhana dan tidak sulit untuk dipahami.
Hal itu dikarenakan komponen yang terdapat dalam alat ini hanya sedikit saja.

Diantaranya adalah
  1. Resistor 1/4 watt ukuran 1K dan 560K atau 680K
  2. Capasitor milar 105 J 250-450 Volt
  3. Dioda in 4007
  4. Lampu led indikator cas 
  5. Lampu led senter dan terakhir
  6. Aki kering

Peralatan yang perlu dipersiapkan adalah
  1. Multimeter
  2. Solder dan timah
  3. Atraktor ( optional )
  4. Tang potong
  5. Obeng + kecil
Dan perlengkapan yang perlu disediakan sebelum dimulai adalah suku cadangnya sebagai pengganti nantinya bila ditemukan komponen yang rusak/putus.

Pertama tama bukalah tutup senter cas bagian depan yang terdapat lampu led senternya.
Dengan langkah awal ini diharapkan saat mengecek senter untuk di hubungkan ke tegangan 220 lampu led/senter tidak putus.Karena biasanya pada permasalahan yang penulis temui,konsumen atau senter yang telah rusak/tekor diserahkan dalam keadaan mati dan saklar tidak dapat terdeteksi apakah saklar dalam kondisi on/off.
Bila saklar dalam kondisi on dan senter langsung kita cek dengan menghubungkan ke tegangan 220,maka lampu led depan akan putus ( dalam beberapa rangkaian cas,arus dilangsungkan tanpa diberi hambatan resistor).
Oleh karenanya penulis menganjurkan untuk membuka bagian depan senter dan memutuskan sambungan yang dari strum/cas terlebih dahulu untu menghindari kerugian.

Agar tidak bingung nantinya saat akan memasang lagi (bagi pemula),potong 2 kabel yang dari cas/aki ke lampu bagian depan tadi,kabel satunya adalah kabel yang langsung ke rangkaian pcb lampu (kabel -) dan yang satunya lagi adalah kabel yang masuk ke saklar (kabel +).
Cara memotong adalah dengan menyisakan sedikit kabel yang masih memiliki warna/terbungkus agar saat akan menyambungkan lagi anda tidak bingung mencarinya.

Setelah kabel yang menghubungkan senter bagian depan tadi terputus,langkah selanjutnya adalah dengan mengecek tegangan keluaran dari aki.
Jika Nol Volt,itu perkiraan aki atau rangkaian cas dalam masalah.Stelah dicek,masukkan/hubungkan senter ke tegangan 220 dengan sambil memperhatikan lampu led indikator cas.Proses menghubungkan rangkain cas tersebut hanya untuk beberapa menit saja dan kemudian cabut lagi untuk mengecek tegangan keluaran dari aki.Bila naik dari sebelum dicas tadi,berarti rangkaian cas dalam kondisi baik,namun apabila masih sama maka rangkaian cas dalam keadaan rusak.
Selanjutnya adalah membuka bagian belakang senter untuk mengecek rangkaian cas.

Akan tetapi bila tegangan keluaran dari aki menunjukkan sekian volt,maka ada harapan bahwa cas dan aki masih dalam keadaan baik.
Bila hal ini terjadi maka langkah selanjutnya adalah mengecek lampu pada senter,bila semua led dalam keadaan baik,maka kerusakan dapat diperkirakan hanya pada saklarnya saja.

Setelah beberapa cara tersebut diatas dilakukan dan ditemui masalah yang berbeda,langkah selanjutnya adalah mengecek lampu led senter bagian depan dengan menggunakan multi meter.
Posisikan multimeter pada posisi ohm meter X10 atau X1.Mengenai cara mengeceknya bisa dibolak balik dan indikasi led depan masih berfungsi dengan baik adalah dengan ditandainya lampu led yang menyala saat dihubungkan dengan multimeter,yaitu dengan posisi probe berwarna hitam di posisi + lampu led dan probe berwarna merah berada pada kaki led -.

Cara mengetahui kaki + atau - pada led yang pertama adalah dengan melihat lempengan dalam led.Yang berupa lempengan agak lebar adalah kaki negatif,sedangkan kaki positif adalah kaki satunya lagi.
Dan cara yang kedua adalah dengan melihat pada sisi pangkal led,kaki negatif ditandai dengan bagian sebelah kaki berbentuk seperti ada potongan lurus ( tidak bulat ).
Dan cara yang terakhir adalah dengan melihat panjang pendeknya kaki led.Kaki yang panjang adalah kaki positif dan yang pendek adalah kaki negatif.

Masalah yang terakhir adalah bila mana kondisi rangkaian cas dam kondisi baik tetapi setelah dicek hasil keluaran dari aki kering masih belum ada kenaikan tegangan,maka yang rusak adalah akinya.

Semoga bermanfaat

3 komentar:

  1. Saya bingung gan dengan rangkaian nya,,

    BalasHapus
  2. Apakah bisa di ganti batu batre gan.bila aki nya kering yang rusak.

    BalasHapus
  3. Gan saat d cas lampu indikator cas nya nyala tp lampu led nya kok g bsa ya gan??
    Solusinya dong gan

    BalasHapus