Kamis, 24 Maret 2016

Tips cara membeli/memilih lampu di toko

Dengan semakin banyaknya persaingan dalam dunia penerangan khususnya produksi lampu lampu lhe ( Lampu Hemat Energi/lampu jari),maka semakin banyak pula beberapa produsen yang membuat/menciptakan lampu dengan biaya yang murah dan harga jual tinggi tanpa memperhatikan hak hak konsumen secara detail.
Memang wajar sebagai penjual,begitulah yang kerap sekali mereka inginkan,dengan ringkas kata,modal kecil untung besar.

Pada contoh kisah yang penulis temui,ada konsumen yang beli lampu di toko dan selang beberapa hari mati.Dan barang tersebut dibawa ke saya.
Memang dalam casing tertera 25Watt,udah begitu lampu kacanya ulir/sepiral lagi.
Akan tetapi setelah penulis buka,ternyata mesinnya menggunakan mesin lampu berkapasitas 5 sampai 10Watt.Bukankah harga harga yang dipasaran untuk lampu 5-10 watt hanya sekitar 7 ribuan ? dan 10-25 watt sekitar 10-20 ribuan..?
Nah,rugi berapa tuh kalau kita tertipu.

Bagaimana kita bisa mengetahui akan hal tersebut ?

Seperti yang kita ketahui bahwa pada umumnya,rangkaian mesin lampu hemat energi yang berkekuatan 5-10 Watt Transistornya hanya akan menggunakan seri 13001,dan disesuaikan dengan komponen pendukung lainnya.Namun untuk transistor ini tidak dapat dicuri mengenai cirikhasnya adalah memang dikondisikan untuk lampu lampu berkapasitas 5-10watt.

Nah,tips bagi orang awam yang akan membeli lampu di toko toko perkampungan,memang tidak bisa hanya karena pembaca sudah mengetahui akan hal ini,kemudian saat membeli memastikan bahwa lampu yang dibeli sesuai dengan tulisan pada casingnya dengan cara membuka dan mengecek transistornya.Akan tetapi mintalah pada penjual untuk mencoba lampu yang akan anda beli tersebut sebelum anda membayarnya dan dibawa pulang.Dari percobaan itu dapat terlihat bahwa lampu yang 5-10 awatt nyalanya akan lebih redup ketimbang lampu lampu yang berdaya lebih besar.

Kalau perlu mintalah dua lampu dengan jenis watt yang berbeda,sukur sukur dengan nama merek yang berbeda pula sebagai bahan perbandingan dan untuk memastikan bahwa lampu yang anda beli tidak salah/tertipu oleh tulisan.

Kalaupun saat anda membeli terjadi beberapa kemungkinan lampu tidak dapat dicoba saat anda akan membeli,mintalah perjanjian bila mana lampu dicoba di rumah tidak dapat menyala atau nyala tapi dirasa tidak sesuai dengan angka watt yang tertera pada casing,maka lampu akan dikembalikan/di tukar.
Namun cara kedua ini saya rasa kurang relevan.Tapi cukup lah dari pada tanpa perjanjian dan kita akan rugi waktu,uang,tenaga juga pikiran bila tanpa didasari perjanjian yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Dengan menggunakan cara ini,semoga anda terselamatkan dari hal hal yang disampaikan penulis saat menemui lampu yang tidak sesuai dayanya dengan yang tertera di tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar